Dibandingkan Genset Diesel Bagaimana Energi dari CO2, Udara Panas & Gunung Berapi

0
47

Genset Diesel merupakan generator yang menghasilkan tenaga listrik dengan mengubah energi fosil menjadi energi listrik. Salah satu contoh genset diesel adalah genset Genset 30 KVA Deutz. Genset diesel ini merupakan perlatan listrik yang bekerja menggunakan energi yang kurang bersih dari sisa pembakaran gas buang. Ini bebeda dengan energi bersih dari sumber pembangkit listrik lainnya.

genset-deutz-20-kva

Bicara tentang energi bersih, hijau, dan terbarukan kemungkinan besar, di benak sebagian besar orang, akan memunculkan gambar panel surya yang cerah dan berkilau yang berjemur di bawah kemuliaan matahari serta kincir angin yang ramping dan tinggi. Dan meskipun mungkin benar untuk berasumsi bahwa kedua metode untuk menghasilkan energi terbarukan dan ramah lingkungan ini memang yang paling populer saat ini, mungkin cepat atau lambat segalanya akan berubah, terutama jika kelompok atau perusahaan yang ditampilkan dalam artikel ini. memiliki cara mereka. Tren ekonomi dan teknologi modern menunjukkan peningkatan kelayakan metode baru dalam menghasilkan energi untuk ekonomi listrik sehingga dapat diperkirakan bahwa suatu saat di masa depan, tidak akan ada lagi kebutuhan yang terlalu bergantung pada teknologi tenaga surya dan angin sebagai alternatif untuk fosil. bahan bakar dan energi yang berasal dari bahan bakar fosil tetapi dapat memilih metode lain dan, dalam beberapa hal, bahkan lebih bersih dibandingkan dengan bahan bakar dan produsen energi tradisional.

Bahan bakar sintetis berbasis karbon dioksida (CO2)

Bayangkan sebuah dunia di mana emisi karbon dioksida yang berbahaya tidak lagi menjadi masalah karena pembakaran bahan bakar untuk energi tidak menghasilkan atmosfer yang tidak sehat; dimana CO2 di udara tidak bertambah karena semakin banyak bahan bakar yang dibakar karena CO2 itu sendiri yang digunakan sebagai bahan bakar. Perusahaan Jerman Sunfire bersikeras bahwa waktu pendekatan inovatif ini hampir matang untuk dipetik. Meskipun teknologi untuk melakukan hal ini sebenarnya sudah berumur puluhan tahun, namun belakangan ini belum dapat diterapkan secara praktis dan ekonomis karena munculnya sumber daya terbarukan yang relatif lebih murah.

Mengubah CO2 menjadi bahan bakar yang dapat digunakan itu sendiri membutuhkan energi dalam jumlah besar dan, karenanya, tidak praktis kecuali Anda mendapatkan daya melalui cara terbarukan. Akses yang lebih murah dan lebih mudah ke sumber daya alternatif dan ramah lingkungan telah membuat opsi bahan bakar CO2 lebih layak meskipun ada beberapa kekurangannya (Baca laporan CNN ini untuk informasi lebih lanjut tentang ini). Meskipun cukup jauh dari penggunaan yang luas, fakta bahwa ada orang yang mengandalkan ini dan memiliki pandangan positif untuk masa depan adalah kabar baik bagi semua pendukung kekuatan bersih. (Baca terkait: Mengubah sampah kertas menjadi bahan bakar)

Pembangkit listrik tenaga udara panas atau konsep menara surya

Ide di balik metode pembangkit listrik ini sebenarnya cukup sederhana dan didasarkan pada fakta bahwa udara panas naik. Pembangkit listrik tenaga udara panas bekerja dengan memanaskan udara secara memadai (sampai sekitar 194 derajat Fahrenheit atau sekitar 90 derajat Celcius). Dan saat udara panas naik, digunakan untuk menjalankan turbin yang menghasilkan energi mekanik yang diubah menjadi listrik.

Meski prinsipnya sederhana, namun saat ini belum ada pembangkit listrik skala industri yang menggunakannya untuk menghasilkan energi. Tapi itu mungkin akan segera berubah karena perusahaan Australia bernama EnviroMission berencana membangun menara surya skala industri pertama atau pembangkit listrik tenaga udara panas yang mereka klaim akan menghasilkan sekitar 200 megawatt listrik. Meskipun ini akan menjadi yang pertama dari jenisnya, perusahaan yakin bahwa itu akan berfungsi seperti yang diklaim karena mereka mengatakan prinsipnya telah terbukti, meskipun dalam skala yang lebih kecil (lihat laporan terkait ini untuk lebih lanjut tentang ini). Proyek ini diperkirakan menelan biaya $750 juta memberi atau menerima $100 juta dan EnviroMission mengatakan mereka telah mengumpulkan jumlah yang “substansial”. Orang yang mencari investasi bagus di sektor ini mungkin menganggap ini menarik.

Kekuatan gunung berapi

Dan bagaimana kalau kita mulai menggunakannya sebagai gunung berapi untuk pembangkit listrik hijau? Teknologi untuk memanfaatkan energi dari panas yang dikeluarkan oleh planet (energi panas bumi) telah ada sejak lama. Namun, aplikasinya masih terbatas dan belum benar-benar berpeluang menjadi pemain utama di sektor energi terbarukan. Satu masalah adalah, menurut sebuah berita sebuah laporan berita AP, orang-orang mewaspadai potensi mereka untuk menyebabkan gempa bumi. Ini adalah sentimen yang ingin diubah oleh perusahaan AltaRock Energy dengan melakukan proyek yang bertujuan untuk memanen energi dari gunung berapi yang tidak aktif dengan menuangkan air ke dalamnya dan menggunakan hasil uap untuk menjalankan turbin yang pada gilirannya akan menghasilkan tenaga.

Dan sementara ketakutan akan gempa bumi cukup beralasan (ada beberapa kasus di mana proyek panas bumi telah ditutup karena keluhan gempa bumi), tampaknya masih ada minat yang tulus untuk pendekatan baru ini adalah sesuatu yang cukup penting dan mungkin merupakan pertanda baik untuk masa depan teknologi. Bagaimanapun pembangkit listrik bersih memiliki perbedaan dibanding  Genset 30 KVA Deutz dalam menghasilkan polusi udara.