Mama bisa memiilih cerita anak yang memiliki pesan moral agar dapat memberikan inspirasi baginya

0
45

Banyak Pesan Moral, 10 Dongeng Anak untuk Diceritakan Sebelum Tidur

Membangun bonding atau kedekatan dengan si Kecil perlu dilakukan setiap orangtua sejak anak masih bayi. Ada banyak cara yang dapat Mama lakukan dalam membangun kedekatan dengan si Kecil, salah satunya dengan membacakan dongeng.

Selain membangun kedekatan dengan anak, Mama juga bisa membangun kemampuan visualisasinya, meningkatkan berpikir kritis, serta membantu anak memahami budaya lain yang dapat anak pahami sejak dini.

Mama bisa memiilih cerita anak yang memiliki pesan moral agar dapat memberikan inspirasi baginya. Seperti 10 cerita dongeng anak terbaik berikut ini yang memiliki slot via dana banyak pesan moral di dalamnya. Apa saja ya? Yuk disimak, Ma!

  1. Dongeng anak: cerita cerdik si Kancil dan Buaya
    Salah satu dongeng anak yang sering dibacakan pada anak diantaranya adalah kisa “Si Kancil dan Buaya.”

Kancil yang memiliki kecerdikan dan sering membantu sesama hewan di hutan memang menjadi salah satu hewan yang disegani di hutan tersebut. Dikisahkan pada suatu hari, Kancil merasa sangat lapar namun ia harus menyebrangi sungai untuk mendapatkan makanan tersebut.

Dengan kecerdikannya, Kancil memberanikan diri menghampiri para buaya dan membuat kesepakatan pada buaya bahwa ia membawa berita baik dari raja hutan untuk memberikan daging kepada para buaya di sungai.

Merasa percaya dengan ucapan kancil, buaya pun menyepakatinya dan bersedia berbaris dari tepi sungai sampai ke ujung sebrang sungai hingga membentuk jembatan. Kancil pun menyebrangi sungai dengan bantuan para buaya.

Namun sesampainya di sebrang sungai, Kancil langsung mengucapkan terima kasih kepada para baya karena mau membantunya menyebrangi sungai kemudian langsung melarikan diri. Hal ini pun membuat para buaya marah karena merasa dibohongi.

Dari dongeng ini, Mama bisa mengajarkan pada anak bahwa kecerdikan seseorang tidak boleh disalahgunakan agar tidak membuat orang lain merasa dirugikan. Simak kisah lengkapnya pada cerita Si Kancil dan Para Buaya disini ya, Ma.

  1. Dongeng anak: kisah Tikus dan Singa yang mengajarkan kebaikan
    Cerita “Tikus dan Singa” bisa Mama jadikan cerita anak yang dapat mengajarkan kebaikan sejak dini. Diceritakan bahwa seorang Tikus yang menjahili Singa dikala sedang menikmati tidur siang, sontak membuat Singa tersebut marah dan ingin memakan sang Tikus karena merasa terganggu.