Piala Asia U-23 AFC: Sejarah, Format Kompetisi, Peserta, Tim Juara, dan Kiprah Indonesia

0
6

**Piala Asia U-23 AFC: Sejarah, Format Kompetisi, Peserta, Tim Juara, dan Kiprah Indonesia**

Tim nasional sepak bola U-23 Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae Yong telah menciptakan sejarah dengan berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23 edisi ke-6 pada tahun 2024. Sebelumnya, dalam lima edisi pertandingan, Garuda Muda tidak pernah mencapai putaran final dan selalu terhenti di babak kualifikasi.

Keberhasilan timnas Indonesia U-23 untuk mencapai putaran final Piala Asia U-23 2024 merupakan sebuah rekor baru, setelah mereka menang dengan skor 2-0 melawan Turkmenistan di Stadion Manahan, Solo, pada Selasa (12/9/2023), dan sebelumnya meraih https://fut7.org/ kemenangan besar 9-0 atas Taiwan di stadion yang sama. Dengan hasil tersebut, timnas Indonesia U-23 berhasil merebut posisi teratas di klasemen akhir Grup K Kualifikasi Piala Asia dan mendapatkan tiket untuk berkompetisi di putaran final yang akan diselenggarakan di Qatar antara 15 April hingga 3 Mei 2024.

Sejak turnamen ini pertama kali diadakan pada tahun 2013, piala bagi timnas junior negara-negara anggota AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia) telah berlangsung lima kali. Di tahun 2024, edisi ke-6 akan kembali digelar di Qatar. Sepanjang sejarahnya, lima negara telah meraih gelar juara: Irak, Uzbekistan, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi, sementara lima negara lainnya menjadi tuan rumah, yaitu Oman, Qatar, Thailand, China, dan Uzbekistan.

Dalam sejarah penyelenggaraan turnamen dua tahunan ini, belum ada negara tuan rumah yang juga berhasil meraih gelar juara. Hanya Uzbekistan yang pernah menjadi juara di tahun 2016 dan menjadi tuan rumah di tahun 2019, meskipun dilangsungkan di waktu yang berbeda.

Dari tim-tim yang pernah lolos ke putaran final, Arab Saudi tercatat sebagai negara yang paling sukses di ajang ini. Dengan lima kali berpartisipasi, Arab Saudi berhasil mencapai final tiga kali, memenangkan satu gelar dan meraih dua kali sebagai runner-up.

Selanjutnya, Korea Selatan dan Uzbekistan masing-masing telah mencapai final dua kali, satu di antaranya berhasil meraih gelar juara dan sekali menjadi runner-up. Jepang, yang dua kali melangkah ke semifinal, satu di antaranya sebagai juara dan memperoleh posisi ketiga. Negara timur tengah lainnya, Irak, juga dua kali mencapai semifinal, dengan satu gelar sebagai juara perdana pada tahun 2013 dan satu kali sebagai peringkat ketiga.

Pratama Arhan, bek sayap kiri tim U-23 Indonesia, menguasai bola saat laga uji coba tertutup melawan Uni Emirat Arab di Stadion Rashid, Dubai, UEA, pada hari Selasa (9/4/2024) WIB. Arhan diperkirakan akan menjadi andalan Pelatih Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 2024.