Instrumen itu harus valid, paling tidak boleh ambigu dan menjebak

0
86

Untuk diketahui, LTMPT mensyaratkan hanya sekolah dengan minimal 40 siswa lulusan 2022 sebagai peserta UTBK 2022 yang bisa masuk dalam pemeringkatan.
Sementara itu, berdasarkan catatan sekolah, ada 55 siswa lulusan 2022 yang mengikuti UTBK SBMPTN 2022. Dengan demikian menurut sekolah, SMAN Unggulan MH Thamrin eligible untuk ikut perhitungan pemeringkatan Top 1000 Sekolah Berdasarkan Nilai UTBK 2022.

Menurut Lubis, instrumen yang digunakan ke depan perlu valid dan tidak ambigu. Ia berharap bisa mendapat keterangan yang lebih jelas tentang daftar ini dari LTMPT.

“Instrumen itu harus valid, paling tidak boleh ambigu dan menjebak,” tuturnya.

“Oke lah tahun ini tidak bisa (masuk perhitungan pemeringkatan), tahun depan perbaiki instrumen. Itu saja. Dia sudah release (luncurkan). Saya berpikir, mestinya tahun depan (diperbaiki instrumennya). Eh tapi rupanya LTMPT dibubarkan,” tutupnya.
“Hilang” dari Top 1000, SMAK 1 Penabur Jakarta: Data Kami Beda dengan LTMPT
SMAK 1 BPK Penabur Jakarta tidak masuk daftar Top 1000 Sekolah Berdasarkan Nilai UTBK 2022. Sebelumnya pada daftar 2021, sekolah swasta di slot deposit pulsa tanpa potongan Jakarta Barat ini masuk Top 5 SMA terbaik di Indonesia.
Kepala SMAK 1 BPK Penabur Jakarta Sylviana Chrisyan, S.E., M.M. menuturkan, ia semula mengetahui kabar tersebut pada hari pengumuman daftar Top 1000 Sekolah yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

“Waktu itu kami mengetahuinya sejak LTMPT merilis informasi tanggal 26 Agustus ya, 2022. Nah, di situ, memang saya melihat, tidak ada nama sekolah kami, tidak diikutsertakan dalam pemeringkatan,” kata Sylviana pada detikEdu.
SMAK 1 BPK Penabur Jakarta Tidak Masuk di Top 1000 Sekolah 2022
Pengecekan oleh Pihak Sekolah
Ia menuturkan, pihaknya lalu berkomunikasi dengan pihak LTMPT melalui situs resminya di Halo LTMPT. Ia pun mengirimkan tiket pengaduan via email.

“Waktu itu kami memang melakukan check and recheck ya, kemudian waktu itu saya juga berkomunikasi dengan pihak LTMPT. Kan memang kan ada wadahnya ya, melalui web resminya mengirimkan tiket secara email. Dan mereka kemudian merespons pertanyaan kami,” ucapnya.

Sylviana menuturkan, berdasarkan data LTMPT, SMAK 1 BPK Penabur Jakarta tidak memenuhi syarat eligible (dapat masuk) perhitungan pemeringkatan Top 1000 Sekolah karena siswa lulusan 2022 yang menjadi peserta UTBK SBMPTN 2022 tidak lebih dari 40 siswa.