PLBN Entikong Dibuka, Sarawak Mulai Buka Kunjungan Wisata

0
60

Pasca dibukanya border Tebedu Malaysia, pintu keberangkatan Pos Lintas Batas Negara(PLBN) Entikong dalam sepekan terakhir mulai di padati pelintas wisata mandiri ke Sarawak Malaysia.

Sebelumnya 1 April lalu pemerintah Sarawak Malaysia hanya menerima kedatangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang hendak melakukan perjalanan berobat dan keperluan sosial serta pekerja resmi yang di perkenankan masuk melalui Pintu Perbatasan Tebedu Serian.

“Mulai pertengahan April ini, Pemerintah Sarawak sudah mulai membuka kedatangan untuk pelaku perjalanan wisata umum melalui pintu Tebedu Sarawak Malaysia,”ujar Supervisor tempat pemeriksaan Imigrasi di PLBN Entikong Muhamad Ramtan Pratama, Kamis (21/4/2022).

Dibukanya aktivitas keberangkatan untuk semua pelaku perjalanan luar negeri ke Sarawak tersebut berpengaruh langsung pada krazy pizza pertambahan jumlah pelintas umum di pintu keberangkatan Pos Lintas Batas Negara(PLBN) Entikong.

Ramtan mengatakan terpantau rata-rata tidak kurang dari 30 sampai 50 bahkan ada beberapa kali sempat jumlah pintas di pintu keberangkatan melampaui 70 orang dengan tujuan masuk ke Sarawak Malaysia untuk bekerja dan wisata mandiri.

“Sejak beberapa hari terakhir ada peningkatan jumlah pelintas di pintu keberangkatan PLBN Entikong, dengan status perjalanan pelintas untuk keperluan medis, kepentingan sosial dan juga para pekerja” kata Ramtan.

Terhitung sejak awal April hingga Minggu ke tiga bulan ini, sedikitnya sudah 800 orang lebih warga negara Indonesia berangkat ke Sarawak Malaysia melalui PLBN Entikong.

“Jumlah pelintas di pintu keberangkatan PLBN Entikong ini di perkirakan akan terus bertambah dengan adanya kemudahan prasyarat untuk berangkat ke luar negeri dengan tujuan Sarawak melalui jalur perbatasan darat Entikong-Tebedu,”pungkas Ramtan.